Contoh banner 1-->
» » » » » » Gelar Airport Running Series, Manado Garap Sport Tourism

Gelar Airport Running Series, Manado Garap Sport Tourism

Penulis By on 25/02/2016 | No comments

MANADO (Bisnisbmr.co) – Sulawesi Utara (Sulut) terus promosikan spot wisata wilayah Nyiur Melambai, upaya menarik pengunjung internasional maupun lokal tersebut yakni dengan cara menggelar Airport Running Series, kegiatan yang diprakarsai oleh Angkasa Pura I Manado bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, bakal digelar di Bandara Sam Ratulangi Manado, 19 Maret 2016 mendatang.

Pasalnya, dalam peta pariwisata, Manado, Ibu Kota Sulut adalah salah satu titik penting. Ada marine tourism, seperti diving dan underwater photography yang sangat terkenal. Bunaken, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Bolmong, Sangihe, Selat Lembeh Bitung.

"Ada hal baru yang ingin dipromosikan dari Kota Nyiur Melambai ini, yakni sport tourism," terang Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Utara Happy Korah, Rabu (24/2), di Manado Sulawesi Utara.

Mengapa memilih sport tourism? Sebetulnya ini ‘hajatannya’ Angkasa Pura dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado. Tapi ini sangat terkait dengan pengembangan pariwisata. Di dalamnya ada unsur sport tourism. Olahraga yang menggunakan alam sebagai background, sehingga keindahan di balik olahraga ini menjadi salah satu selling point. Karena Sulut pun tak ingin ketinggalan memasarkan potensi destinasi wisata lewat sport tourism. "Upaya ini, diyakini mampu secara efektif menjadi sarana promosi," ujar Korah.

Dari paparan Korah, Airport Running Series itu bisa meningkatkan pengembangan pariwisata terutama di wilayah Timur Indonesia. Minimal,Manado bisa memasarkan destinasi wisata andalan seperti Taman Laut Bunaken, yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO tahun 2005 silam. Juga ada Pantai Malalayang yang menyimpan keindahan alam bawah laut. “Tak menutup kemungkinan Manado bias menjadi tempat paling indah dalam menggelar lomba lari seperti Airport Running Series,” paparnya.

Sejumlah kegiatan pendukung pun mulai disiapkan. Untuk menambah antusiasme peserta, Festival Kuliner Nusantara ikut disiapkan. Makanan khas seluruh Nusantara bisa dinikmati di even ini. “Lomba ini juga akan dimeriahkan artis Jakarta. Saya jamin ini akan menjadi event yang heboh,” bebernya.

Airport Running Series nantinya akan dibagi menjadi tiga kelompok lomba. Pertama, 10 K kategori publik dan atlet professional. Berikutnya 5 K kategori publik dan 2,5 K. Dan yang terakhir, kategori keluarga sehat.

Dedi Egam
Bisnisbmr.co
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya