Contoh banner 1-->
» » » Polsek Nuangan Amankan Nelayan Asal PhilipinaI

Polsek Nuangan Amankan Nelayan Asal PhilipinaI

Penulis By on 28/01/2016 | No comments

Nelayan Asing : Polsek Nuangangan Amankan Nelayan Asal Philipina di Perairan Bolaang Mongondow Timur  (Foto: Ilustrasi) 
BisnisBMR.co, BOLTIM -- Nelayan asing asal philipina, diamankan Polisi Sektor (Polsek) Nuangan di perairan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, Kamis (28/1/2016) Pukul 16.00 Wita.

Nelayan asal philipina ini tak bisa menunjukkan izin melakukan eksploitasi di Perairan Kabupaten Boltim kepada petugas patroli Polsek Nuangan, Pihak Polsek langsung mengamankan Kapal Gracila dan lima buah mesin 16 PK. "Para nelayan asal philipina ini menumpangi kapal Gracila sebanyak 10 orang, barang bukti sudah diamankan termasuk dua kapal pambout masih di pantai Desa Jiko", jelas Kapolsek Nungan, Iptu Stanly Ramly Rambing.

Pihak Kepolisian Resort (Polres) Bolaang Mongondow setelah mendapat informasi tersebut, langsung mengirim personil untuk menjemput 10 ABK dan barang bukti lima buah mesin 16 PK. "Polsek Nuangan melakukan patroli, dan mendapat informasi ada orang asing di Pantai Jiko," ujar Kasat Reskrim AKP Anak Agung Gede Wibowo Sitepu.

Lanjutnya, 10 ABK tersebut akan diperiksa lebih lanjut bersama-sama dengan bagian imigrasi. "Mereka itu nelayan dan ada orang yang mempekerjakan mereka. Untuk sementara akan kita mintai keterangan untuk penanganan lebih lanjut. Kita juga akan melakukan koordinasi dengan Polda dan komjen di Filipina di Sulut akan kita mintai keterangan. Mereka akan diperiksa berdasarkan Undang-Undang keimigrasian," ujarnya.

Kepada Wartawan kapten kapal tersebut yakni Sarli Badar (42) mengatakan dirinya bersama sembilan orang temannya (Total ada 10 orang) selama sebulan melaut di Perairan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) demi mencari nafkah.

Untuk mendapatkan uang dari bos besar, mereka harus mendapatkan hasil tangkapan ikan yang banyak. "Yang kita cari itu ikan Tuna," ujar Sarli. (Santo)

Berikut Nama-Nama 10 ABK Gracila yang diamankan Polisi :
1. Binji Aurala (27) warga Filipina,
2. Lupito Mirontoneng (50) Sanger,
3. Jaki Kahinda (36) Likupang,
4. Frangki Manangsang (40), Aertembaga Lorong Dua Bitung,
5. Sarli Badar (42) Filipina,
6. Alfi Delacerna (18) Filipina,
7. Jefri Cangmaung (17) Filipinan,
8. Marcelino Kalinawan (37) Filipinan,
9. Joy Rumeru (32) Filipina.
10. Angelo Adilang (50) Filipina.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya