Contoh banner 1-->
» » » » » Tiga Kali WTP, Bupati Boltim Apresiasi DPPKAD-Inspektorat

Tiga Kali WTP, Bupati Boltim Apresiasi DPPKAD-Inspektorat

Penulis By on 14/06/2016 |

Bupati Boltim Sehan Landjar SH bersama jajaran saat foto bersama usai menerima opini dari BPK RI Perwakilan Sulut

BOLTIM - Untuk ketiga kalinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan Sulawesi Utara.

Predikat WTP diserahkan secara langsung  Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Endang Tuti Kardiani kepada Bupati Boltim, Sehan landjar, di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut, Jalan 17 Agustus Manado, Jumat (10/6).

Dihadiri Wakil  Ketua DPRD Boltim, Sehan Mokoagow, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Muhammad Assagaf dan sejumlah pejabat eselon II di lingkup pemkab Boltim.

Ketua BPK RI Perwakilan Sulut mengatakan,  pemberian opini berdasarkan 4 kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan,  kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian internal.‎

"Laporan keuangan tahun anggaran 2015, berdasarkan sistem akuntansi berbasis akrual dimana terdapat 7 komponen dalam laporan yaitu laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan," kata ‎Endang.

Ia berharap, Pemkab  yang  belum mencapai WTP, tahun depan bisa menyusul daerah lain yang telah meraih WTP. "Semoga tahun depan semua kabupaten kota dapat meraih WTP karena WTP adalah kewajiban Pemda untuk meningkatkan pelaporan keuangan yang transparan," harapnya.

‎Bupati Boltim Sehan Landjar SH mengaku, bahagia atas pencapaian tersebut. Menurutnya,  capaian ini merupakan hal luar biasa karena 3 tahun berturut-turut Boltim berhasil mendapat penghargaan tertinggi terkait pengelolaan keuangan dan harus dipertahankan serta ditingkatkan.

"Saya juga  memberi apresiasi pada Sekkab , para Asisten, Kepala DPPKAD dan Kepala Inspektorat Inspektur  merupakan tulang punggung dalam hal penataan admistrasi keuangan daerah," puji Eyang-sapaan akrab-Bupati Boltim.

Foto bersama Bupati Boltim dan dua Kabupaten di Sulut sama-sama meraih WTP dari BPK RI

Disinggung terkait reward, ia menuturkan, tidak menutup kemungkinan tahun depan akan ada kenaikan tunjangan kinerja sebagai bentuk pada para aparatur yang telah bekerja keras sehingga Boltim bisa meraih hasil terbaik dalam hal pengelolaan keuangan. "Tunjangan selalu menjadi perhatian dan akan dilihat kedepan sesuai kemampuan keuangan daerah", tutupnya. (Advetorial)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya