Contoh banner 1-->
» » Mau Lihat Gerhana Matahari Total Secara Sempurna, Yuk Kesini!

Mau Lihat Gerhana Matahari Total Secara Sempurna, Yuk Kesini!

Penulis By on 20/01/2016 | No comments

BisnisBMR.com - Pada bulan Maret, traveler bisa melihat fenomena langka gerhana matahari total di Indonesia. Maba di Halmahera Timur akan menjadi kota terbaik untuk melihatnya.

Kali ini, fenomena gerhana matahari akan terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang di Indonesia. Bagi traveler yang belum tahu, ini adalah peristiwa langka dan istimewa. Terakhir kali Indonesia dilewati gerhana matahari total adalah 21 tahun lalu, tepat tanggal 24 Oktober 1995 yang hanya bisa dilihat dari Pulau Sangihe.

Namun walau fenomena gerhana matahari dapat dilihat di sejumlah daerah di barat hingga timur Indonesia, Kota Maba di Halmahera Timur merupakan tempat terbaik untuk menyaksikannya. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (19/1/2016) dari Maba traveler bisa melihat gerhana selama 3 menit 19 detik!

Waktu fenomena yang lebih dari tiga menit itu disebabkan karena lokasi Maba sebagai kota paling timur dari semua daerah yang dilewati gerhana matahari total di Indonesia. Jadi ada lebih lama waktu untuk melihat fenomena langka tersebut.

Bagi Anda yang berencana liburan ke Maba untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang, bisa melihatnya dari tepi pantai maupun lapangan hingga menara pengamatan yang ada di Maba.

Tapi perlu diingat, listrik di Maba padam pada pukul 06.00 pagi hingga sore hari. Jaringan telekomunikasi yang ada juga masih kurang baik. Pastikan Anda men-charge baterai gadget dan kamera sebelumnya.

Selain di Maba, traveler juga bisa melihat fenomena gerhana matahari total dari Desa Buli, Pulau Plun hingga Pulau Tengah yang dapat dicapai dengan kapal cepat. Kelebihannya, traveler bisa menikmati keindahan bawah laut hingga melihat Burung Maleo yang ada.

Untuk akomodasi, terdapat setidaknya tiga penginapan dengan fasilitas standar di Buli yang berada tidak jauh dari Maba. Di Pulau Plun juga terdapat lima bungalow yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Maba.

Cara ke sana:

Dari udara, traveler bisa menggunakan pesawat maskapai Wings Air dari Ternate ke Buli selama 20 menit. Dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar satu jam dari Buli ke Maba. Opsi lain, traveler bisa menuju Maba dari Ternate dengan menggunakan kapal cepat selama 45 menit ke Sofifi dan dilanjutkan dengan jalur darat selama 6 jam.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya